Tentang Kami

Tentang kami


Sejarah

PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) merupakan Entitas Anak PT PLN (Persero).

Pada tahun 2001, ICON+ memulai kegiatan komersialnya dengan Network Operation Centre yang berlokasi di Gandul, Cinere. Sebagai Entitas Anak PT PLN (Persero), pendirian ICON+ difokuskan untuk melayani kebutuhan PT PLN (Persero) terhadap jaringan telekomunikasi.

Namun, seiring dengan kebutuhan industri akan jaringan telekomunikasi dengan tingkat availability dan reliability yang konsisten, ICON+ mengembangkan usaha dengan menyalurkan kelebihan kapasitas jaringan telekomunikasi ketenagalistrikan serat optik milik PT PLN (Persero)

di Jawa dan Bali bagi kebutuhan publik. ICON+ menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan lembaga, terutama yang kegiatan operasionalnya membutuhkan jaringan telekomunikasi yang ekstensif dan handal.

Sejak tahun 2008, ICON+ secara konsisten dan bertahap melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah terpencil di Indonesia dengan memaksimalkan pendayagunaan hak jaringan ketenagalistrikan milik PT PLN (Persero), yaitu “Right of Ways” (RoW), yang memiliki cakupan wilayah di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan visi “Menjadi Penyedia Solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terkemuka di Indonesia Berbasis Jaringan Melalui Pemanfaatan Aset Strategis”. ICON+ juga secara konsisten melakukan Inovasi produk dan layanan dengan mengedepankan kualitas jaringan dan teknologi terkini.

Milestone

ICON+ telah tumbuh dan berkembang sebagai penyedia layanan ICT yang semakin dipercaya mampu memberikan pengalaman terbaik para pelanggannya. Serangkaian lompatan di ambil ICON+ dalam rangka berinovasi pada bisnis ICT. Berikut rekam jejak pertumbuhan bisnis ICON+ :

1987

PT PLN (Persero) merencanakan pengadaan jaringan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasi sistem ketenagalistrikan di Jawa dan Bali

1991

PT PLN (Persero) melakukan kontrak pembangunan jaringan fiber optik

1999

PT PLN (Persero) mengajukan proposal pendirian Entitas Anak beserta aspek bisnis yang akan dikelolanya

2000

PT Indonesia Comnets Plus (Icon+) Berdiri

2001

Melakukan perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Telkom (Persero)

2002

Kerja sama dengan PT Indosat (Persero) dan Departemen Perhubungan

2005

  • Memperoleh izin prinsip Internet Telephony untuk keperluan publik.
  • Mencapai kinerja korporasi AAA (Triple A) dengan skor 99

2007

  • Memperoleh izin prinsip penyelenggara Jasa Interkoneksi Internet (NAP) dan penyelenggara Jasa Internet Telephony untuk keperluan publik.
  • Membentuk Unit Bisnis Retail (UBR) dan Unit Bisnis Power IT.
  • Melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke Pulau Sumatera.
  • Melakukan ekspansi konektivitas jaringan telekomunikasi ke wilayah Indonesia bagian Timur

2012

Menjadi “The Limit Breaker” berdasarkan pencapaian kinerja yang gemilang

2013

Mencanangkan strategi dan aktivasi komunikasi korporat dengan mengusung tagline “We Speak Beyond Connectivity” dan melakukan brand activation di 3 kota, yaitu Bali, Surabaya, dan Jakarta.

2014

Mendapatkan penugasan untuk mengembangkan optimalisasi pengelolaan proses bisnis back office dan pengelolaan administratif back office PT PLN (Persero) secara bertahap.

2015

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk koneksi internet seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia.

2016

  • Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mempercepat pelayanan publik untuk masyarakat hingga di tingkat desa.
  • Meraih penghargaan The Best Electrical Service Company dalam ajang Indonesia Best Electrical Award 2016 yang diselenggarakan oleh SWA, Kementerian ESDM, Dewan Energi Nasional, dan PT PLN (Persero).
  • Launching 9 aplikasi terpusat untuk membantu modernisasi dan digitalisasi proses bisnis PLN.

Bidang Usaha

Maksud dan tujuan Perusahaan sesuai dengan Pasal 3 Anggaran Dasar Perusahaan adalah menyelenggarakan usaha dalam bidang telekomunikasi dan teknologi informasi melalui beberapa kegiatan usaha, yaitu:

Penyedia Jaringan Telekomunikasi

Penyediaan peralatan dan jasa telekomunikasi

Penyediaan Konten Telekomunikasi

Penyediaan piranti lunak dan/atau piranti keras dan/atau jasa teknologi informasi

Penyediaan manajemen dan pengoperasian sistem komputer dan/atau fasilitas pengolahan data serta kegiatan profesional layanan dan kegiatan terkait teknologi informasi yang berhubungan dengan bidang sumber daya manusia, bidang keuangan dan akuntansi dan bidang pelayanan pelanggan

Penyediaan layanan lainnya yang berkaitan dengan telekomunikasi dan teknologi informasi untuk menunjang kegiatan usaha bidang ketenagalistrikan

Angka & Fakta

Dalam rangka mempersembahkan layanan ICT yang handal dan prima, ICON+ memiliki bekal untuk membawa anda kepada sebuah pengalaman memperoleh service excellent. ICON+ ingin anda memiliki mitra terbaik yang bisa memberikan kepastian untuk kemajuan bersama dan menjadi lebih baik lagi.

>2200

Pelanggan

100%

Milik Indonesia

24h/7d

Service

836

PoP

10

Kantor Strategic Business

69.000km+

Jaringan Serat Optic

Komposisi Pemegang Saham

ICON+ merupakan Entitas Anak PT PLN (Persero) dengan kepemilikan saham sebesar 99,999999%. Dengan demikian, Pemegang Saham Utama dan Pengendali ICON+ adalah PT PLN (Persero).

Nama Jumlah Saham Persentase Kepemilikan Jumlah Status Pemilik
PT. PLN (Persero) 84,858,999 99.99 Rp. 84,858,999,000 Institusi Lokal
Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT. PLN (Persero) (YPK PLN) 1 0.01 Rp. 1,000 Institusi Lokal
TOTAL 84,859,000 100 % Rp. 84,859,000,000

Company Profile Video

Testimoni Stake Holder