Semua Berita

Event olahraga terbesar se-Asia akan segera bergulir. Sebagai tuan rumah, Indonesia masih melakukan serangkaian persiapan untuk menyambut para atlet, official dan supporter dari negara-negara Asia, tak terkecuali PT PLN (Persero) yang didaulat untuk menjaga ketersediaan pasokan listrik selama Asian Games berlangsung. Salah satu agenda utama persiapan adalah digelarnya Apel Siaga Asian Games yang dilakukan di GOR Jakabaring Palembang (19/7) dan di Monumen Nasional Jakarta (9/8).

Di Palembang, apel dipimpin oleh Wiluyo Kudswiharto selaku Direktur PLN Bisnis Regional Sumatra dan dihadiri jajaran GM PT PLN (Persero). Sebagai anak perusahaan PT PLN (Persero), ICON+ diwakili oleh Direktur ICON+ Solusi dan Operasi Ketenagalistrikan, Ardian Cholid di dampingi GM ICON+ SBU Palembang, Ajat Munajat beserta seluruh Manajer Bidang dan pejabat terkait turut ikut serta pada Apel Siaga kali ini.

Dalam kesempatan ini, Wiluyo menekankan perlunya dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan event akbar Asian Games. Dukungan ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan Komitmen Bersama tim PLN dan ICON+ untuk Menjaga Kehandalan dan Kelangsungan Pasokan Listrik Dalam Rangka Mensukseskan Asian Games 2018 di Palembang.

Di lain kesempatan, Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat, Haryanto WS memimpin apel yang di gelar di Jakarta. Plt Direktur Perencanaan dan Operasi Jaringan, Zulheldi bersama jajaran ICON+ terkait turut hadir mengikuti apel yang juga dihadiri oleh tim Serpo.

Dalam keterangan persnya, Haryanto memaparkan PLN menyiapkan personel hingga 3.500 orang untuk Jakarta dan Palembang. Khusus di Jakarta, personel yang disiapkan sebanyak 2.500 orang untuk menjaga pasokan listrik selama Asian Games berlangsung. Para personel ini dilengkapi dengam berbagai peralatan lengkap mulai dari rompi hingga power bank raksasa yang bisa dimanfaatkan sebagai backup listrik sementara.

Selain aplikasi, ICON+ juga mendukung PLN dalam Asian Games ini melalui program Zero Down Time di beberapa lokasi di Jakarta dan Palembang, serta Video Conference untuk komunikasi antar Posko dan CCTV untuk monitoring GI.

ICON+ Bersama PT PLN (Persero) siap mensukseskan Asian Games 2018.

 

 

Hari raya Idul Adha diperingati ICON+ dengan turut memotong hewan kurban untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan (22/8). Bekerjasama dengan DKM Masjid Nurul Hikmah, pemotongan hewan kurban dilakukan setelah shalat Idul Adha di Kantor ICON+ Gandul.

PLT Direktur Utama ICON+, Hikmat Drajat ikut menghadiri acara ini didampingi oleh GM SSU Jaringan dan Infrastruktur, Sri Hadi Agustama. Penyerahan sapi dilakukan secara simbolis oleh Hikmat Drajat kepada Panitia Pelaksana kurban dengan disaksikan oleh ICONers yang hadir.

Ketua Panitia Qurban ICON+, Uky Andy Purwanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa estimasi jumlah kantung hasil pemotongan kurban mencapai 1224 bungkus. Tak lupa, Uky juga menghaturkan terimakasih kepada seluruh ICONers yang telah membantu terlaksananya pemotongan hewan kurban tahun ini.

Pada Idul Adha tahun 1439 Hijriah ini, Keluarga besar ICON+ berkurban 6 ekor sapi dan 11 ekor kambing sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian kepada sesama. Pemotongan kurban ini melibatkan sekitar 40 orang ICONers, pengurus DKM dan penduduk sekitar untuk membantu proses pemotongan hingga pembagian daging kurban kepada warga di wilayah Gandul, Cinere, Limo, Sawangan, Depok, Mampang, Pasar Minggu, Durentiga, Cawang dan termasuk 5 Yayasan/Pesantren. Masing-masing pemilik kupon berhak mendapatkan kurang lebih 2,5 kg daging kurban.

GANDUL – Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia serta Asian Games 2018 Jakarta – Palembang, ICON+ mengadakan acara yang didalamnya terkemas lomba, minigames, pengundian doorprize serta jajanan kuliner (17/8). Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di awali ICONers dengan mengikuti upacara pengibaran Bendera di Kantor ICON+ Gandul yang dipimpin oleh Plt Direktur Utama ICON+, Hikmat Dradjat.

Upacara kali ini terbilang spesial dikarenakan melibatkan jajaran managemen level 2 sebagai petugas upacara. Di akhir acara, peserta upacara di hibur dengan penampilan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Usai mengikuti upacara, ICONers pun dipersilahkan menikmati jajanan kuliner yang kali ini merupakan hasil olahan dari  internal ICONers diantaranya, nasi uduk, bakso, cilok, lontong sayur, es kelapa, dan lain sebagainya. Bagi ICONers yang senang mengekspresikan diri disediakan juga corner untuk melakuan face painting dan bisa berfoto di photobooth. Semua dokumentasi acara termasuk sessi fotobooth di endorse oleh komunitas Fotografi ICON+ “Pengabdi Rana”.

Sebelum masuk ke festival kostum road to asian games 2018, ICONers terlebih dahulu di hibur penampilan Adyuta Dancer (Internal) dengan senam Asian Games. Festival Kostum Road To Asian Games 2018  diikuti oleh 11 bidang dari kantor ICON+ wilayah Jabodetabek. Penilaian Karnaval Kostum Road To Asian Games 2018 dilakukan oleh tiga juri, yaitu Vicky Aryamuda (Komisaris), Ardian Cholid (PLT Direktur Solusi dan Operasi Ketenagalistrikan) dan Ignatius Hendrayoko (GM SSU Ketenagalistrikan). Seluruh peserta nampak all out memberikan penampilan serta kostum terbaik hasil dari kreativitas ICONers. Mulai dari kostum olahraga  bulutangkis, panahan, tinju hingga cosplay dari maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Berhasil menjadi kampium dalam Festival Kostum kali ini adalah Contact Center PLN 123 dengan raihan poin sempurna yaitu 300 poin. Disusul di urutan kedua Bidang Sales Support & Evaluasi Penjualan, urutan ketiga Bidang Pendapatan Segment Government. Adapun di urutan harapan satu dan dua, yaitu Audit Internal dan Pendapatan Segment Enterprise. Penyerahan hadiah kepada pemenang secara simbolis diserahkan oleh Plt Direktur Utama, Hikmat Dradjat.

Dengan adanya rangkaian acara yang telah dilaksanakan oleh ICON+ untuk ICONers, bisa memberikan pengalaman, unjuk kreativitas di setiap masing-masing divisi serta menjalin hubungan erat dan silahturahmi antar ICONers.

Rabu, 15 Agustus 2018 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara resmi meluncurkan Contact Center 136, di Gedung Sekretariat Kementerian ESDM, Jakarta. Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Menteri ESDM Iganisius Jonan.

Dalam sambutannya, Jonan mengatakan kehadiran Contact Center 136 merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden Joko Widodo yang meminta semua unit kerja pemerintah memiliki semangat untuk melayani masyarakat. “Keberadaan Contact Center ini menunjukkan meningkatnya semangat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Jonan.

Plt Direktur Solusi Operasi Ketenagalistrikan, Ardian Cholid turut menekan tombol peresmian bersama Ignasius Jonan dan jajaran managemen ESDM.

Contact Center 136 sendiri dapat diakses masyarakat melalui ponsel maupun telepon rumah dengan menekan tombol 136. Selain itu, cakupan layanan Contact Center juga merambah media sosial seperti Twitter (@KementerianESDM), Facebook (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Instagram (@kesdm), maupun Youtube (Kementerian ESDM). Jonan mengatakan, hal ini merupakan upaya Kementerian ESDM untuk menjawab perkembangan zaman.

Layanan Contact Center 136 akan melayani pertanyaan, keluhan, dan permintaan informasi dari masyarakat setiap hari kerja mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu akan diaktifkan fitur Interactive Voice Respons (IVR). Layanan ini memiliki total 12 agen Costumer Service Officer yang terdiri dari 7 agen call, 2 agen sosial media, dan 3 team leader, yang keseluruhannya didukung penuh oleh ICON+. Selain tenaga agen, dukungan ICON+ juga terkait dalam hal penyediaan jaringan, jasa, dan konten telekomunikasi.

“Kami ucapkan terima kasih kepada ICON+ dan para provider layanan telekomunikasi atas dukungannya selama membangun sistem ini. /Terus kita kembangkan sesuai perkembangan zaman. Ini adalah bentuk support kepada sektor ESDM dalam meningkatkan layanan publik,” tutup Jonan.[]

 

PT Indonesia Comnets Plus, selaku entitas anak dari perusahaan BUMN, yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN), telah mendapatkan penghargaan dalam kategori Strategi Pertumbuhan  Terbaik dalam Event 7th Anugerah BUMN 2018. Penghargaan tersebut diberikan kepada Kuswowo, selaku Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia ICON+ di Hotel JW Marriot, Kamis (9/8).

Tahun 2018 merupakan tahun ke-7 Majalah BUMN Track menyelenggarakan event Anugerah BUMN. Kegiatan yang didukung oleh PPM Manajemen tersebut mengusung tema: “Memperkokoh BUMN Hadir di Dalam Negeri dan Kancah Global.”

Kemenangan ICON+ diraih usai ICON+ melalui Plt Direktur Perencanaan dan Operasi Jaringan,  Zulheldi memaparkan pencapaian kinerja dengan antusias dan meyakinkan di hadapan dewan juri. ICON+ juga membuktikan sejumlah pencapaian dan strategi petumbuhan dengan argumentasi melalui data, angka dan foto. Presentasi ICON+ yang menarik dan kecakapan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis Dewan Juri dengan taktis dan meyakinkan membuahkan hasil yang memuaskan.

Meskipun penentuan pemenang pada ajang Anugerah BUMN 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah BUMN Track  berlangsung cukup ketat, namun ICON+ berhasil menjadi salah satu perusahaan terbaik dari 84 BUMN yang lolos seleksi awal ajang ini. ICON+ berhasil mendapatkan penghargaan dalam kelompok Anak Perusahaan BUMN, kategori Strategi Pertumbuhan Terbaik di peringkat kedua. Kepesertaan ICON+ dalam ajang Anugerah BUMN 2018 merupakan salah satu bukti pencapaian kinerja positif yang diraih anak perusahaan PLN tersebut.

Anugerah BUMN yang rutin diselenggarakan tiap tahun oleh Majalah BUMN Track merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kinerja unggul serta mampu berdaya saing di tingkat nasional dan global, sekaligus mendorong pertumbuhan tata kelola BUMN yang semakin governance. Event ini juga mengapresiasi kepemimpinan CEO BUMN yang mampu memperkuat kinerja korporasi sekaligus mengkonsolidasi SDM yang kompetitif dan berdaya saing kuat di level internasional.

 

PT Indonesia Comnets Plus selaku pengelola Contact Center PLN 123 dan PLN MOBILE berhasil meraih 7 kategori penghargaan pada ajang The Best Contact Center Indonesia Award 2018. Penghargaan tersebut diberikan oleh Andi Anugrah selaku chairman ICCA (Indonesian Contact Center Association) sekaligus chairman APCCAL (Asia Pacific Contact Center Association Leader) kepada Plt Direktur Solusi dan Operasi Ketenagalikstrikan ICON+, Ardian Cholid di Hotel Bidakara, Jumat (3/8).

Penghargaan tersebut diantaranya :

Untuk Contact Center PLN 123:

  1. GOLD Award untuk kategori Team Reliable & Accurate
  2. SILVER Award untuk kategori Best of The Best Supervisor
  3. SILVER Award untuk Quality Assurance Small
  4. SILVER Award untuk Best of The Best Quality Assurance
  5. PLATINUM Award untuk kategori Agent Medium
  6. BRONZE Award untuk kategori Agent Medium

Untuk aplikasi smartphone PLN MOBILE:

  1. BRONZE Award untuk kategori Technology Innovation

Seluruh penghargaan tersebut diperoleh oleh tim, perusahaan dan individu berdasarkan penilaian yang ketat dari juri dalam berbagai aktivitas lomba dan presentasi yang diikuti oleh para peserta. Pada ajang ini ICON+ bersaing dengan tim Contact Center dari 54 perusahaan.

Contact Center PLN 123 adalah layanan PLN 24 jam untuk pelanggan yang dapat diakses melalui saluran Telepon 123, Handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, Email pln123@pln.co.id, dan Website www.pln.co.id. Layanan di Contact Center PLN 123 diantaranya adalah sambungan baru listrik, mengubah daya, pemasangan listrik sementara, melaporkan gangguan, informasi tagihan listrik dan informasi kelistrikan lainnya.

 

Sedangkan PLN MOBILE sebagai salah satu inovasi ICON+ untuk PLN merupakan aplikasi smartphone Android dan iOS yang memiliki fitur diantaranya:

  1. Cek tagihan dan riwayat token;
  2. Permohonan Pasang Baru, Perubahan Daya, Penyambungan Sementara;
  3. Cek status pengaduan dan permohonan;
  4. Informasi tarif listrik terkini;
  5. Berita terkini mengenai PLN;
  6. Informasi pemeliharaan listrik;
  7. Telepon Contact Center PLN 123 dengan Voice over Internet Protocol (VoIP);
  8. Tracking petugas pelayanan teknik; dan
  9. Cek Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) terdekat.

The Best Contact Center Indonesia Awards dilaksanakan sebagai upaya asosiasi praktisi contact center (ICCA) untuk mengembangkan industri contact center di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan peran serta karyawan dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas dan kinerja dalam mengelola contact center.

Dengan adanya The Best Contact Center Indonesia Awards menjadi ajang tahunan untuk praktisi contact center berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam mengelola contact center sekaligus menjadi ajang untuk menetapkan standar kualitas pelayanan dan kinerja operasional contact center di Indonesia.

ICON+ selaku anak perusahaan PLN yang mengelola Contact Center PLN 123 dan PLN Mobile mengapresiasi penuh atas penghargaan yang diberikan oleh ICCA. Spirit memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan listrik pun akan terus ditingkatkan melalui serangkaian inovasi agar masyarakat dapat dengan mudah menghubungi PLN dan mendapat akses informasi kelistrikan di manapun mereka berada.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, ICON+   menyelenggarakan acara donor darah di Aula ICON+ Mampang, Jakarta Selatan, Jum’at (20/7). Kegiatan yang bertajuk “Donor Darah : Share Blood, Share Life” merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) ICON+.

Warga daerah Mampang dan para ICONers sangat antusias untuk ikut dalam acara donor darah kali ini. Tak hanya ICONers dan warga sekitar ICON+ Mampang, Plt Direktur Utama ICON+, Hikmat Dradjat terlihat turut serta mendonorkan darahnya. Tercatat hampir 140 peserta yang mendaftar, namun tidak semua peserta dapat ikut mendonorkan darahnya. Peserta harus menjalani beberapa tahap pemeriksaan terlebih dahulu sebelum di persilahkan mendonorkan darahnya. Awalnya calon pendonor menjalani test golongan darah dan kadar hemoglobin. Lalu, melakukan pengecekan tensi darah.

Usai melaksanakan donor darah, para pendonor mendapatkan snack yang diberikan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta serta Goodie Bag dari ICON+. Dalam donor darah kali ini, ICON+ dan PMI berhasil mengumpulkan 75 kantong darah untuk di berikan kepada yang membutuhkan. Melihat antusias yang begitu besar dari warga dan ICONers, ICON+ berencana akan menggelar acara serupa dengan jumlah kuota kantong darah yang lebih banyak.

PT IPDC Training Institute baru saja melakukan kunjungan ke PT Indonesia Comnets Plus Gandul, Rabu (15/7). Bersama dengan klien mereka, Bhutan Power Corporation (BPC), mendapat kesempatan untuk mengetahui lebih dalam seputar “Fiber Optic” yang menjadi andalan ICON+ dalam memberikan konektivitas terbaik kepada para pelanggannya.

Bhutan Power Corporation merupakan BUMN Bidang Listrik dari Kerajaan Bhutan, Asia Selatan yang saat ini sedang fokus menggelar program latihan dan studi banding mengenai “Fiber Optic”.

Untuk memenuhi rasa ingin tahu Bhutan Power Coportion (BPC), Engineer Analisa Gangguan, Fendy Mustofa Ahmad mengawali kunjungan dengan penjelasan singkat seputar Fiber Optic. Tak hanya menerima penjelasan melalui presentasi, peserta kunjungan juga melihat langsung demonstrasi penyambungan kabel Fiber Optic yang dilakukan olehVerry Mulyawan.

Dengan dipandu oleh seorang translator dari PT IPDC Training Institute. Para trainer sangat antusias dengan adanya program pelatihan “Fiber Optic” di PT Indonesia Comnets Plus. Tidak hanya itu, Beberapa trainer banyak menggali informasi mengenai “Fiber Optic” dan aplikasi yang dimiliki oleh PT Indonesia Comnets Plus.

Di akhir acara, Engineer Development, Rio Ruslan juga turut berbagi informasi tentang aplikasi yang dibangun dan digunakan PT Indonesia Comnets Plus di seluruh lini proses bisnisnya.

Kunjungan dari salah satu BUMN Asia Selatan, Bhutan Power Corporation ke PT Indonesia Comnets Plus menunjukkan bahwa saat ini ICON+ telah berhasil mencuri perhatian tak hanya pemerhati telekomunikasi nasional tetapi juga internasional.

Euforia Piala Dunia 2018 tidak hanya terjadi di Rusia sebagai tuan rumah. Keseruan dan kehebohan di tiap pertandingan juga dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk ICONers dan warga di sekitar kantor ICON+. Melihat tingginya minat menonton Final Piala Dunia 2018, membuat Ketua RW 01 Kuningan Barat mengundang ICON+ untuk bekerjasama menggelar Nonton Bareng Bersama Final Piala Dunia di kantor ICON+ Mampang ( 15/7).

Bertempat di pelataran parkir kantor ICON+ Mampang, warga mulai memadati area Nobar sejak pukul 20.00 WIB. Warga sangat antusias karena ICON+ tak hanya memberikan fasilitas Nobar berupa layar dan konsumsi, ICON+ juga menyediakan souvenir dan doorprize bagi warga yang beruntung.

Tak hanya warga, ICONers juga nampak turut serta berbaur duduk lesehan menikmati acara Nobar yang dikemas menarik oleh ICON+. Plt Direktur Perencanaan dan Operasi, Zulheldi beserta Plt Direktur Solusi dan Operasi Ketenagalistrikan, Ardian Cholid juga terlihat antusias mengikuti acara Nobar kali ini.

Meskipun pertandingan selesai hingga larut, namun warga tetap bersemangat menonton duel Perancis dan Kroasia hingga babak akhir. Tentunya dengan layar besar dan kejernihan suara serta gambar, warga dapat lebih menikmati tiap detik jalannya pertandingan. Sorak sorai ketika gol tercipta terdengar riuh mengiringi Perancis unggul atas Kroasia. Acara ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan baik antara ICON+ dan warga sekitar kantor ICON+ Mampang.

Mahasiswa/I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) Jakarta, terlihat antusias saat melakukan kunjungan ke PT Indonesia Comnets Plus (13/7). Mahasiswa jurusan Teknik Informatika itu mendapat kesempatan langsung untuk melihat system informasi yang ada di Kantor ICON+ Gandul, Cinere. Dalam kunjungannya, 60 mahasiswa Universitas UHAMKA beserta para dosen disambut hangat oleh Manager Fault Management, Muhammad Naim.

Sebelum melihat ke berbagai ruangan yang ada di ICON+ Gandul, Cinere, Mahasiswa UHAMKA di persilahkan untuk melihat terlebih dahulu video company profile tentang ICON+ yang disampaikan oleh Bidang Hubungan Kelembagaan serta mendengarkan pemaparan mengenai kemutakhiran teknologi ICON+ untuk produk Data Center yang dipaparkan oleh Manager Data Center, Rosa Rosmala Sima Bangun.

“Saya berharap, kunjungan ini bisa memotivasi dan memberikan pengetahuan serta manfaat untuk para peserta yang melakukan kunjungan ke ICON+ ini. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai ICON+” ujar Rosa di akhir penjelasannya.

Usai mendengarkan presentasi, peserta kunjungan di pandu untuk melihat langsung ruang NOC, Data Center, Contact Center ICON+ dan VSAT sambil mendengarkan pemaparan lebih dalam dari masing-masing narasumber. Peserta kunjungan sangat antusias melontarkan berbagai pertanyaan di setiap lokasi site visit.

Kegiatan ini merupakan salah satu program CSR ICON+ dalam bidang Pendidikan, yaitu memberi pengetahuan kepada para civitas mengenai dunia kerja dan kemutakhiran alat-alat yang digunakan ICON+ sebagai penyedia jasa layanan TIK yang handal serta terpercaya